You are currently viewing DARI PRAMUKA MENJADI YOUTUBER TRAVELLER

DARI PRAMUKA MENJADI YOUTUBER TRAVELLER

(15/11/2020) Menjadi seorang Youtuber dimasa ini memang marak digeluti, mulai dari anak-anak yang sekadar mengupload video kegiatannya atau gameplay permainan online, kalangan remaja yang gemar mengcover lagu, konten podcast, video vlog dan lain sebagainya. Youtube sudah menjamah semua kalangan termasuk anggota gerakan pramuka.

Pada kegiatan Raimuna Daerah ke-XII Kwarda Jateng ini, Kak Nouval mahasiswa jurusan mulitimedia yang dahulunya juga merupakan pramuka penggalang garuda Kwarda Jawa Tengah dengan akun Youtube “Nouval Agis Madha” akan sharing ilmu tentang bagaimana cara menjadi seorang youtuber traveller, proses produksi video serta tips and trick dalam berkarier di youtube.

Kak Nouval menyampaikan tujuan pembuatan Youtube traveller untuk memperkenalkan suatu tempat yang awalnya kurang terekspos ke masyarakat umum. Kak Nouval juga mengatakan didalam pembuatan video ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Dari mulai planning pra-produksi melakukan riset, menentukan destinasi, referensi dari video lain, sehinga munculah sebuah ide. Story dalam video juga jangan dianggap remeh, “travel video is about storytelling” ujar Kak Nouval. Penyampaian cerita bisa berupa narasi, vlog atau berbicara langsung di depan kamera, bisa berupa penyampaian data faktual tentang peristiwa di lokasi (dokumenter) dan komersil.

“Menjadi seorang Yotuber traveller harus pandai membuat schedul,” ujar Kak Nouval. Jabarkan semua rencana shot yang akan diambil ketika berada di destinasi, backup plan juga harus dibuat karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di lokasi. Hal terpenting dalam menjadi youtuber menurut Kak Nouval adalah jangan terfokus dengan angka, tapi fokuslah dengan konten yang mengandung edukasi dan kebaikan. Akankah setelah kegiatan Raimuna Daerah ini, ada penegak/pandega yang akan mengikuti jejak Kak Nouval menjadi seorang YouTuber Traveller? Mari kita menjadi pramuka milenial yang kreatif dan produktif…!

Tinggalkan Balasan