Berawal dari Layang-layang Menjadi Pesawat

Siapa sangka pesawat terbang yang menjadi transportasi udara dengan kecepatan tinggi dan bisa mengangkut banyak orang dahulunya merupakan sebuah layang-layang.

Berawal pada masa sebelum masehi terdapat festival layang-layang di China, lalu pada masa sesudah masehi Leonardo da Vinci meninggalkan 160 sketsa dan catatan alat terbang berdasarkan bentuk fisiologi burung. Kemudian muncul balon udara yang pergerakannya masih mengikuti arah angin. Baru setelah ditemukannya mesin bensin dan baling-baling, ditemukanlah balon udara yang bisa dikendalikan.

Pada abad 18 dan 19 ditemukanlah prinsip dasar aerodinamika pada sayap yang menjadi penemuan penting dalam sejarah penerbangan. Tahun 1900-1920 menjadi awal mulai penerbangan modern dengan ditandainya pesawat The Flyer yang mengudara selama 12 detik.

Kegunaan pesawat mulanya hanya sebagai misi pengintaian dan dipakai untuk pengeboman di era Perang Dunia I, lalu pada era Perang Dunia II berkembang pesawat dengan berbahan logam dan mulai adanya standarisasi keamanan penerbangan. Zaman semakin maju, penemuan pesawat pun juga semakin kompleks dan menjadikannya seperti pesawat yang sekarang.

Tinggalkan Balasan