DKR Dibekali Tata Kelola Administrasi

SLAWI – Anggota Dewan Kerja Ranting (DKR) Kecamatan diharapkan mampu mengelola organisasi dengan tata kelola administrasi yang baik sesuai Sistem Administrasi Kwartir. Hal itu diungkapkan Andalan Cabang Kwarcab Tegal, Nurkhasan saat menjadi narasumber Pelatihan Administrasi Dewan Kerja (PADK), Minggu (3/9) di Sanggar Pramuka Cabang.

Dewan Kerja adalah Tangan Kanan Kwartir Ranting khususnya dalam pembinaan Pramuka Penegak Pandega. Untuk itu, saya berharap mekanisme organisasi, administrasi dan tata kelola harus berjalan dengan baik sesuai aturan dari Kwartir Nasional yakni sismintir,” ujarnya Menurut Hasan, administrasi itu ibarat urat nadi organisasi, artinya jika dalam pengelolaan administrasinya baik, maka organisasi itu bisa dikatakan berjalan. “Jadi tidak hanya banyak kegiatan saja, data dukung berupa administrasi baik persuratan, dokumentasi dan lainnya juga harus ada,” tandasnya Senada Sekretaris Bidang Orgakum, Nurkhakim mengemukakan, administrasi merupakan suatu fungsi yang memegang peranan sangat penting dalam tercapainya kelancaran kegiatan maupun aktivitas yang dilakukan organisasi. “Administrasi sebagai urat nadi organisasi guna memperlihatkan fakta dan keterangan yang diperlukan untuk perencanaan secara rinci serta keterangan data yang meliputi catatan yang akurat, formulir juga laporan yang menjadi tugas administrasi,” ungkapnya Ketua DKC Tegal, Septi Kusuma Putri menjelaskan, Pelatihan Administrasi Dewan Kerja bagi pengurus Dewan Kerja Ranting Kecamatan tersebut diikuti oleh sedikitnya 30 peserta utusan DKR se Kwarcab Tegal. “PADK sebagai upaya penertiban administrasi dan pengelolaan organisasi, Khususnya melatih dewan kerja ranting dalam mengelola administrasi maupun organisasi,” terangnya Septi berharap, PADK mampu sebagai pelecut dan peletak dasar mekanisme dan tata kelola serta administrasi organisasi agar sesuai dengan aturan yang dirumuskan Kwartir Nasional.

Selama ini masalah administrasi dan tata kelola organisasi terkesan asal asalan dan tidak seragam sesuai dengan petunjuk pelaksana Dewan Kerja, ini sebagai momentum yang baik agar semuanya berjalan lebih baik dan meningkatkan citra organisasi  imbuhnya

Dalam kegiatan tersebut dihadirkan instruktur dan narasumber dari pengurus dan Andalan Cabang yang masing masing memberikan materi seperti Kedewan Kerjaan, Sistem Pengelolaan Kegiatan, Sismintir meliputi persuratan, membuat proposal dan laporan kegiatan, serta membuat SPJ Kegiatan. Ketua Kwarcab Pramuka Tegal, dokter Widodo Joko Mulyono berharap, peserta mampu mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di Level Kwartir Ranting yang berimbas pada penggerakan roda organisasi.

About gunawan surendro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*