Ubaloka Diterjunkan Dilokasi Pos Pantau Sileri

Banjarnagara – Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) Kwartir Cabang Banjarnegara diterjunkan untuk membantu aktifitas pemantauan dan pelayanan lainya  yang berkenaan dengan tanggap siaga di posko gabungan pemantauan kawah sileri desa Kepakisan Kecamatan Batur.
Komandan UBALOKA Kwarcab Banjarnegara M.Nur Cahyo Adi mengatakan, anggota UBALOKA diturunkan sejak hari pertama tanggap siaga di posko terpadu dan berbaur dengan BPBD, PMI, Bagana, Tagana dan unsur lainya dibawah komando satlak posko Terpadu. “ini merupakan panggilan jiwa dan panggilan kemanusiaan yang tidak dapat kami tolak, meski status kawah sileri waspada II namun berbagai persiapan antisipasi telah dilakukan dengan matang di posko terpadu “ ujarnya.
Setiap harinya, berbagai aktifitas dan kesiapsiagaan dan pencegahan serta penanggulangan bencana alam dilakukan oleh petugas posko terpadu dengan selalu berkordinasi dengan pihak PVMBG Gunung api dieng. Kegiatan tersebut seperti pembuatan jalur evakuasi, penyiapan tempat pengungsian, sterilisasi area aman, dan sosialisasi mitigasi bencana kepada masyarakat sekitar.
Tanggap
Ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara Setiawan mengatakan UBALOKA memang disiapkan dan didesain untuk tanggap terhadap segala permasalahan sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan. “UBALOKA udah dibekali dengan berbagai ketrampilan SAR, pertolongan pertama dan evakuasi serta ketrampilan penunjang lainnya yang berkorelasi dengan tanggap darurat bencana alam “ paparnya.
Peran serta anggota Pramuka dalam hal ini UBALOKA atau Pramuka peduli ditengah masyarakat memang sangatlah dibutuhkan.
Dengan menggandeng stakeholder terkait yang berkompeten di bidangnya diharapkan aksi anggota pramuka ditengah masyarakat dapat memberikan signal dan kontribusi nyata demi setitik bhakti pengabdian untuk ibu pertiwi dan mencerminkan dasa dharma ke 2 yaitu  “Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”.

(CSJ_1104)

About admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*